Jumat, 16 Juli 2010

Memutihkan Kulit Wajah Secara Alami

Warna kulit setiap orang tidak selalu sama, hal ini disebabkan beberapa faktor yang menentukan warna kulit. Kulit wajah adalah hal paling merepotkan bagi tiap wanita. Siapa yang ingin mempunyai kulit wajah yang hitam, bahkan belang? Di antara bahan-bahan aktif yang sekarang mulai dipakai baik di kedokteran maupun di salon kecantikan untuk memutihkan kulit adalah dengan cara pengelupasan sel-sel mati seperti produk dengan bahan-bahan aktif.

Kulit yang halus kini sudah menjadi kebutuhan banyak orang. Karena itu, banyak produk perawatan kulit ditawarkan. Tak hanya memutihkan kulit atau menjaga kelembabannya saja, tapi juga untuk menjaga agar kulit tetap semulus bayi.

Menariknya, saat ini bukan hanya kaum wanita saja yang membutuhkan perawatan kulit. Pria pun tak sedikit yang membutuhkannya. Apalagi menjelang hari pernikahan, segala perawatan pun harus dilakukan.

Kosmetik adalah bahan yang dibuat khusus untuk mempercantik, memperbaiki, dan mengubah daya tarik seseorang. Penggunan kosmetik sudah merupakan suatu tradisi sejak zaman dahulu. Memang dengan menggunakan kosmetik, segalanya jadi mungkin, tetapi apakah Anda akan terus bertahan dengan polesan kosmetik?

Yang seharusnya menjadi sasaran kita adalah merubah warna kulit seperti pada lengan tangan bagian atas menjadi warna kulit lengan tangan pada bagian bawah yang lebih putih. Lengan tangan bagian bawah kita lebih jarang terkena sinar matahari.

Bahan alami membantu memelihara kulit.
Bahan-bahan alami di bawah ini bisa membantu dalam hal memelihara kulit. Tidak hanya menghaluskan, tetapi juga menyehatkan.

Jeruk Nipis
Buah yang satu ini lebih dikenal sebagai penghilang bau amis, atau campuran penyedap makanan. Tapi sebenarnya air jeruk nipis ini juga banyak manfaatnya untuk kecantikan dan kesehatan. Air yang berasal dari daging buah ini dikenal sanggup membuat pori-pori mengecil dan menghilangkan kelebihan lemak pada jenis kulit berminyak.

Manfaat :
Untuk merapatkan pori-pori kulit. Ambil daging jeruk nipis, oleskan pada kulit wajah. Biasanya di sekitar hidung dan pipi yang pori-porinya terlihat besar. Untuk memutihkan dan menghaluskan kulit. Usapkan potongan jeruk nipis pada wajah dan kulit bagian tubuh lainnya.

Alpukat
Konon alpukat banyak sekali nianfaatnya terutama untuk kecantikan. Dengan ilmu pengetahuan, terbukti bahwa alpukat memang kaya vitamin, mineral dan minyak alami. Alpukat banyak mengandung vitamin A, C, dan E, zat besi, potasium, niasin, asam pantotenik serta protein yang tidak biasanya terdapat dalam buah. Semua zat ini berguna bagi keindahan dan kesehatan kulit.

Manfaat :
Sebagai pelembab. Ambil bagian dalam kulit alpukat, yang mengandung humektan, dan mampu menahan kelembaban kulit. Gosokkan secara lembut ke seputar wajah dan biarkan selama 15 menit. Setelah itu basuhlah wajah menggunakan air dingin. Lakukan malam hari sebelum Anda tidur karena malam hari adalah waktu yang tepat bagi kulit untuk bekerja. Wajah yang terjaga kelembabannya membuat make- up bertahan lama sesudahnya.

Penggunaan Masker dan Lulur.
Penggunaan masker merupakan salah satu upaya untuk mempercantik diri dengan perawatan menggunakan beberapa jenis tumbuhan seperti halnya sayuran. Masker dapat menegangkan dan melicinkan kulit. Penggunaan produk tumbuhan termasuk dalam pembuatan masker. Kulit yang masih remaja boleh menggunakan masker dari sayuran seperti ketimun, tomat, bengkuang, kentang, wortel.

Masker Bengkuang
Dapat memutihkan dan menghilangkan tanda hitam dan pigmentasi di kulit.
Masker Kentang
Dapat melembutkan dan memutihkan kulit.
Masker Tomat
Dapat menghaluskan dan melicinkan kulit wajah.

Lakukan luluran atau srubbing secara teratur (1 atau 2 minggu sekali) agar sel-sel kulit mati penyebab kulit kasar dan kusam akan terangkat dan terkelupas. Cara ini akan mempercepat pergantian lapisan sel-sel kulit yang lebih muda yang dengan sendirinya akan menjadikan permukaan kulit akan tampak segar dan bercahaya. Jangan lupa memakai cream sunblock setiap kali Anda ke luar rumah pada pagi dan siang hari, agar kulit terlindung dari sinar UV. Pada malam hari kenakan krem pelembut raga (body lotion) yang mengandung pemutih.

Untuk Perawatan Wajah:
Lakukan perawatan scrubbing khusus untuk wajah (banyak dijual di toko-toko produk kesehatan dan kecantikan) sekurang-kurangnya 1 atau 2 minggu sekali. Kenakan masker sesuai jenis kulit dan kebutuhan Anda (berminyak, berjerawat, kering atau yang mengandung pemutih dan Iain-lain.) Kenakan cream tabir surya pada pagi dan siang hari serta cream malam yang mengandung pemutih. Tapi perlu diingat, bila wajah sedang mengalami perawatan dengan zat pemutih, sebaiknya hindari terpaan langsung sinar matahari karena malah akan membuat iritasi kulit.

Atau Anda juga dapat melakukan perawatan peeling. Perawatan ini harus berhati-hati karena akan mengelupaskan kulit secara cepat dan sering berakibat iritasi atau kerusakan pada kulit bila penggunaannya tidak berhati-hati; terlebih lagi bila jenis kulit wajah Anda tergolong sensitif. Satu hal lagi, bila mengenakan cream pemutih sebaiknya jangan melupakan bagian leher.

source: http://ke-hidup-an.blogspot.com/2007/09/memutihkan-kulit-wajah-secara-alami.html

Khasiat Belimbing Wuluh




Belimbing wuluh dikenal cukup baik di masyarakat Indonesia. Buahnya yang asam membuat belimbing wuluh kerap digunakan sebagai bahan campuran dalam berbagai masakan tradisional. Belimbing wuluh (Averrhoa bilimbi) memang memiliki rasa yang khas dan memberikan aroma tertentu pada masakan.


Manfaat belimbing wuluh ternyata tak hanya sebatas itu. Tanaman ini memiliki berbagai khasiat obat yang bisa sangat membantu. Selain sebagai obat batuk, belimbing wuluh juga bisa digunakan sebagai obat pegal linu, gondongan, rematik, sariawan, jerawat, panu, darah tinggi, dan sakit gigi.


Tanaman ini dikenal dengan nama daerah limeng, selemeng, baliembieng, blingbing buloh, limbi, limbi, tukurela, dan malibi. Tinggi pohon belimbing wuluh bisa mencapai 10 meter. Pemeliharaan tanaman ini cukup mudah. Yang terpenting, ditanam di tempat terbuka, kelembaban tanah selalu dijaga, dan pohon diberi cukup air.

Tanaman ini memiliki berbagai kandungan kimia, antara lain saponin, tanin, glukosid, kalsium oksalat, sulfur, asam format, peroksida, dan kalium sitrat. Dalam farmakologi Cina tanaman ini dikenal bisa menghilangkan rasa sakit, memperbanyak pengeluaran empedu, antiradang, dan peluruh kencing.
Beberapa manfaat belimbing wuluh adalah sebagai berikut :


* Mengatasi batuk :

Ambil bunga belimbing wuluh sebanyak 25 kuntum, satu jari rimpang temu giring, satu jari kulit kayu manis, satu jari kencur, dua siung bawang merah, 1/4 genggam pegagan, 1/4 genggam daun saga, 1/4 genggam daun inggu, 1/4 genggam daun sendok, dicuci dan dipotong-potong. Kemudian rebus dengan lima gelas air sampai tersisa separonya. Saring ramuan rebusan ini dan minum dengan madu sebanyak 3 kali 3/4 gelas sehari.


* Mengatasi batuk rejan :

Ambil sebanyak 10 buah belimbing wuluh dicuci bersih, remas dengan dua sendok air garam. Kemudian saring dan minum dua kali sehari.


*
Obat batuk pada anak :
Segenggam bunga belimbing wuluh, beberapa butir adas, dan gula secukupnya ditambah satu cangkir air. Campuran ditim selama beberapa jam. Setelah dingin disaring dengan kain dan dibagi untuk dua kali minum, pagi dan malam saat perut masih kosong.


* Obat gondongan :

Sepuluh ranting muda belimbing wuluh beserta daunnya ditambah empat butir bawang merah ditumbuk sampai halus. Kemudian ramuan dibalurkan di tempat yang sakit.


* Untuk rematik :

Satu (1) ons daun muda belimbing wuluh, 10 biji cengkeh, 15 biji merica, digiling halus. Kemudian tambahkan cuka putih secukupnya hingga menyerupai bubur dan oleskan di tempat yang sakit. Untuk sariawan, segenggam bunga belimbing wuluh direbus dengan tiga gelas air hingga tersisa 2,5 gelas. Setelah dingin disaring lalu diminum tiga kali 3/4 gelas.


* Untuk obat jerawat :

Ambil buah belimbing wuluh secukupnya lalu ditumbuk halus. Ramuan diremas dengan garam secukupnya dan digunakan untuk menggosok muka yang berjerawat. Obat panu, 10 buah belimbing wuluh dicuci lalu digiling halus. Tambahkan sedikit kapur sirih, diremas sampai rata. Ramuan digunakan untuk menggosok kulit berpanu sebanyak dua kali sehari.


* Obat darah tinggi :

Tiga buah belimbing wuluh dipotong-potong, rebus dengan tiga gelas air sampai tersisa satu gelas. Setelah dingin disaring dan diminum setelah makan pagi. Mengatasi sakit gigi berlubang, lima buah belimbing wuluh dimakan dengan sedikit garam, kunyah di tempat gigi yang berlubang.

Selasa, 13 Juli 2010

AL GHAZALI : Kritik Terhadap Filosof



Pendahuluan
             Kira-kira satu generasi setelah Ibnu Sina, tampil al-Ghazali, seorang pemikir yang dengan dahsyat dan tandas mengkritik filsafat, khususnya mengkritik Al-Farabi dan Ibnu Sina. Beliau diakui sebagai salah seorang pemikir yang paling hebat tidak saja dalam Islam tapi juga dalam sejarah intelektual manusia. Al-Ghazali, di mata banyak sarjana modern muslim maupun bukan muslim, adalah orang yang sangat berpengaruh dalam perkembangan ajaran Islam.

Riwayat Hidup
Bernama lengkap Abu Hamid Muhammad bin Muhammad Al Ghazali ath-Thusi asy-Syafi'i dilahirkan pada tahun 450/1050 M di kota Tus – Khurasan, Persia. Gelar ayahnya yang bekerja sebagai pemintal bulu kambing dan tempat kelahirannya yaitu Ghazalah di Bandar Thus, Khurasan. Sedangkan gelar asy-Syafi'i menunjukkan bahwa beliau bermazhab Syafi'i. Ia berasal dari keluarga yang miskin. Ayahnya mempunyai cita-cita yang tinggi yaitu ingin anaknya menjadi orang alim dan saleh. Menjelang akhir hayatnya, dia menitipkan kedua anaknya kepada seorang karibnya dengan pesan agar kedua anaknya dididik dengan baik sampai harta peninggalannya habis. Pesan tersebut dilaksanakan, dan setelah harta itu habis, mereka disarankan untuk tetap menuntut ilmu sebanyak-banyaknya.[1]
Al Ghazali menuntut ilmu pada salah satu madrasah di Tus. Di sini ia belajar fiqh kepada Ahmad bin Muhammad Al Razikani. Setelah menamatkan pendidikan dasarnya di sana, ia melanjutkan sekolahnya ke Jurjan, ketika itu ia masih berusia di bawah dua puluh tahun. Di sini ia tidak lagi hanya mendapat pelajaran dasar dalam agama islam, seperti yang diterima di Tus itu, tetapi telah mulai pula mendalami pelajaran dalam bahasa Arab dan bahasa Persi dari gurunya Al Imam Abu Nasir al Isma’ili.
Merasa tidak puas terhadap pengetahuan-pengetahuan yang didapat di Tus dan Jurjan, Al Ghazali pergi ke Naisabur. Di kota ini, ia belajar kepada Imam al-Haramain, Diya’uddin al Juwaini. Disinilah mulai langkah penting dari riwayat hidup Al Ghazali untuk memenuhi kehausannya akan ilmu pengetahuan yang selama ini menjadi idam-idamannya. Perhatiannya ditumpahkannya untuk mendalami berbagai cabang ilmu, seperti ilmu usul, mantiq, retorika, logika dan ilmu kalam. Beliau juga mulai belajar falsafah. Itu semuanya dikuasainya dalam waktu singkat, sehingga ia menjadi seorang ilmuwan yang paling pintar di zamannya.[2]
Setelah Al-juawaini wafat (478/1085 M), Al Ghazali pindah ke Mu’askar dan menetap di sana selama lebih kurang lima tahun. Dalam setiap kesempatan, beliau selalumenghadiri pertemuan-pertemuan ilmiah yang diadakan di istana wazir (perdana menteri) Nizamul Mulk, seorang negarawan Bani Saljuk yang ketika itu adalah penguasa dalam pemerintahan yang berpusat di Baghdad. Melalui pertemuan-pertemuan ilmiah itu, Al Ghazali lalu muncul sebagai seorang ulama yang berpengatahuan luas dan dalam, sehingga pada tahun 484/1091 M, dalam usia 34 tahun ia diangkat oleh Nizamul Mulk menjadi guru besar di Perguruan nizamiyah Baghdad. Di kota ini, ia menjadi populer, halqah pengajiannya semakin luas, dan ia pun banyak menulis, seperti : al-Basit, al-Wasit, al-Wajiz, Al-Khulasah fi ‘ilmil Fiqh, Al-Munqil fi ‘ilmil Jidal, Ma’khadul Khilaf, Lubabun Nazar, Tahsinul Ma’akhiz, dan Al-Mabadi’ wal Gayah fi Fannil Khilaf.3
Pada tahun 1095 M, Al Ghazali meninggalkan kedudukannya yang tinggi di madrasah Al-Nizamiyah – Baghdad dan pergi ke Damaskus, bertapa di salah satu menara masjid umawi yang ada di sana.4 Beliau bosan dengan kehidupan di Baghdad, bosan terhadap pangkat yang diperolehnya. Kebosanan itu berpangkal pada kejengkelannya terhadap dirinya sampai terjadi krisi kejiwaan yang memaksanya menjauhi manusia dan berbuat zhuhud serta meninggalkan sifat-sifat sombong dan kemasyhuran untuk mencapai tujuan yang lebih tinggi, yaitu kesucian jiwa; usaha mencapai kebenaran di tengah pendapat-pendapat yang bertentangan satu sama lain. Pada masa inilah dia menulis buku-buku yang berusaha membela keagungan Islam dan kelebihannya dibanding dengan agama-agama lain. Dan disaat-disaat seperti ini
pulalah timbul kritiknya terhadap filosof.


Kritik Terhadap Filosof
Al Ghazali mempelajari terhadap segala pengetahuan, sebagai sarana untuk meraih petunjuk dan juga sebagai upaya untuk mencari suatu kebenaran. Beliau mempelajari fiqh cukup lama. Namun, justru dia tidak menemukan kepuasan. Dia tidak puas oleh perdebatan-perdebatan etimologik maupun tekstualitas yang kaku.    Al Ghazali tidak merasakan bahwa kalbu para ahli fiqh tergetar terhadap apa yang mereka tulis.Kemudian Al Ghazali mendalami ilmu kalam, dengan harapan sampai kepada Allah. Sebagai diketahui dalam ilmu kalam terdapat beberapa aliran yang saling bertentangan. Timbul pertanyaan dalam dirinya aliran manakah yang betul-betul benar di antara semua aliran itu ? menurutnya, kebenaran haqiqi adalah pengetahuan yang diyakini betul kebenarannya. Tak terdapat sedikitpun keraguan di dalamnya. Dia berkata: “jika kuketahui bahwa sepuluh adalah lebih banyak dari tida dan ada yang mengatakan sebaliknya dengan bukti tongkat bisa diubah menjadi ular dan itu memang terjadi dan kusaksikan sendiri; hal itu tidak akan membuat aku ragu akan pengetahuanku. Aku hanya merasa kagum terhadap kemampuan orang itu, tanpa aku ragu  terhadap pengetahuanku”.
Al Ghazali juga mengkaji filsafat, kelihatannya hal itu untuk menyelediki apakah pendapat-pendapat yang diajukan filosof-filosof itu merupakan kebenaran. Baginya, ternyata bahwa argumen-argumen yang mereka ajukan tidak kuat dan menurut keyakinannya ada yang bertentangan dengan ajaran-ajaran Islam. Beliau mendiskusikan dan membatalkan pemikiran-pemikiran filosof serta menjelaskan kelemahan-kelemahannya.
Al-Ghazali memulai kitabnya dengan mengarahkan kritik tajam terhadap Aristoteles, guru pertama dan pemuka para filosof. Tetapi bukan Aristoteles satu-satunya yang menjadi sasaran kritiknya. Dia juga menyerang kebanyakan orang Yunani yang tidak memeluk agama samawi, dan karena itu, umat Islam menganggap mereka kafir, dan orang yang mengikuti pemikiran mereka, juga akan menjadi kafir. Karena Al Ghazali telah bertekad  memerangi kekufuran, maka salah satu sebab kekufuran yang dilihatnya ialah dari mulai adanya pengagungan oleh kalangan umat Islam terhadap pemikiran-pemikiran Socrates, Plato, Aristoteles dan sebagainya.
Sebab haqiqi yang mendorongnya menyerang Aristoteles adalah perkataannya: bahwa alam ini qadim (tidak bermula). Dan ini adalah masalah pertama dalam “Tahafut al Falasifah”. Oleh karena para filosof islam, atau seperti yang disebut oleh Al Ghazali “para pemilsafat dalam Islam” (almutafalsifah fi al islam), telah mengangkat filsafat Aristoteles, sehingga Al Farabi digelar orang “guru kedua”, dan kemudian Ibnu Sina menempuh jalan serupa, dan dengan usaha dan kerja keduanya filsafat islam menjadi lebih sempurna, maka tidaklah heran jika serangan Al-Ghazali terpusat pada dua tokoh (Aristoteles dan Ibnu Sina) tersebut.

Kitab Tahafut Al Falasifah
Kitab yang dikarang Al Ghazali pada tahun 488 H ini terdiri atas empat mukadimah, 20 masalah dan penutup (al-khatimah). Mukadimah pertama ia mengarahkan kritik tajam terhadap Aristoteles. Disini ia menolak pemikiran para filosof, malah terhadap guru Aristoteles sendiri.
Kedua, beberapa pemikiran para filosof yang tidak bertentangan dengan agama seperti ilmu matematika dan fisika. Dua jenis ilmu ini sangat berguna bagi peradaban manusia dan agama pun mengajarkan orang untuk mempelajarinya. Ketiga, penjelasan tentang keruntuhan (tahafut) para filosof, yaitu menyanggah pemikiran mereka. Keempat, kendatipun para filosof mempergunakan matematika dan logika sebagai metode berfikir tetai itu tidak perlu bagi seorang teolog walaupun keabsahan matematika tidak dapat diingkari. Sedangkan logika, maka ilmu ini sangat perlu karena dia alat berfikir yang dipergunakan para filosof dan manusia lainnya. Ilmu ini tidak asing bagi islam dan mereka menyebutnya ilmu penalaran (nazar) dan ilmu debat (jedal).
Dalam bukunya yang sangat populer dalam dunia Filsafat islam di zaman pertengahan ini juga memuat kritiknya terhadap para filosof dalam 20 permasalahan. Secara rinci ke-20 masalah tersebut adalah sebagai berikut :
A. Pendapat mereka tentang :
1. Alam qadim (tidak bermula)
2. Alam kekal (tidak berakhir)
3. Tuhan tidak mempunyai sifat
4. Tuhan tidak dapat diberi sifat al-jins (jenis) dan al-fasl (diferensia)
5. Tuhan tidak mempunyai mahiah (hakekat)
6. Tuhan tidak mengetahui juz’iat
7. Planet-planet adalah bintang yang bergerak dengan kemauan.
8. Jiwa-jiwa planet mengetahui smua juz’iat
9. Hukum alam tidak berubah
10. Jiwa manusia adalah substansi yang berdiri sendiri, bukan tubuh dan bukan
pula ‘ard (accident)
11. Mustahilnya hancur jiwa manusia
12. Tidak adanya pembangkitan jasmani
13. Adanya tujuan bagi gerak planet-planet
7 Al Ghazali khawatir bahwa apa yang dikatakan oleh para filosof matematika dalam masalah ketuhanan dapat diyakini kebenarannya seperti halnya matematika itu sendiri.

B. Ketidaksanggupan mereka membuktikan :
1. Bahwa Tuhan adalah pencipta alam dan alam adalah ciptaan tuhan.
2. Adanya Tuhan
3. Mustahilnya ada dua Tuhan.
4. Bahwa Tuhan bukanlah tubuh
5. Bahwa Tuhan mengetahui wujud lain
6. Bahwa Tuhan mengetahui essensinya
7. Bahwa alam yang qadim mempunyai pencipta

Pada bagian penutup, Al Ghazali mengkafirkan para filosof dalam tiga masalah yaitu kekadiman alam dalam arti tak bermula. Allah tidak mengetahui yang rinci (juz’iyyat),dan tidak adanya pembangkitan jasmani. Dalam masalah-masalah ini katanya adalah“jelas kekufurannya yang tidak satu golonganpun dari umat Islam menganutnya”. Adapun pendapat mereka yang lain, kata Al Ghazali, maka mazhab mereka itu lebih dekat kepada mazhab pembawa bid’ah dalam islam. Dan barang siapa yang berpendapat bahwa pembawa bid’ah dari golongan Islam itu kafir, maka mereka itu juga kafir; dan jika mereka menahan diri dari mengkafirkan mereka itu, maka kekafirannya terbatas pada masalah-masalah ini saja.
Aristoteles adalah filosof pertama yang mengatakan bahwa “cosmos” ini adalah qadim, yakni telah ada sejak azali, tidak bermula. Para filosof terdahulu berpendapat bahwa alam ini dijadikan dari materi pertama atau ia adalah suatu lingkaran silsilah alam yang telah ada dan musnah.[3] Ketika munculnya para filosof Islam dan mereka menganut falsafat Aristoteles dan neo platonisme, mereka pun bernalar terhadap Tuhan sebagai ‘yang pertama”, seperti pendapat Al-Farabi, yakni sebab pertama bagi seluruh semesta ini; atau Tuhan sebagai “al wajib’, seperti dalam teori Ibnu Sina, yakni wajib wujud zati, yakni pembagian wujud kepada wajib daruri dan mumkin, yaitu alam ini.
Para filosof berkata: “mustahil secara mutlak yang baru keluar dari qadim”. Mereka ini mengikuti kias kebalikan (qias al khulf), mengandaikan kebalikan yang dimaksud, yaitu bila alam ini baharu sedangkan Allah qadim, maka mustahil keluarnya yang baharu dari yang qadim. Jika proposisi ini benar, maka pastilah alam ini qadim, mustahil baharu. Pendapat ini ditentang oleh Al Ghazali dan para teolog Islam. Menurut pendapat mereka, bahwa alam ini dijadikan dari tidak ada. Allah telah ada lebih dahulu daripada adanya alam ini. Dalil mereka yang terkenal ialah : alam ini baru, dan setiap yang baru mesti ada pembaharunya. Jadi pembaharu alam ini ialah Allah. Jika alam ini tidak baharu, maka ia qadim; sedang yang qadim hanya Allah. Oleh karena itu, perlu dibela akidah Islam dalam masalah ini dengan membatalkan teori kekadiman alam. Pendapat bahwa Tuhan tidak mengetahui yang juz’iyat, jelas bertentangan dengan teks-teks ayat-ayat al-qur’an. Seperti: surat al Hujurat ayat 16; dan surat Yunus ayat 61.
ö@è% šcqßJÏk=yèè?r& ©!$# öNà6ÏZƒÏÎ/ ª!$#ur ãNn=÷ètƒ $tB Îû ÏNºuq»yJ¡¡9$# $tBur Îû ÇÚöF{$# 4 ª!$#ur Èe@ä3Î/ >äóÓx« ÒOÎ=tã ÇÊÏÈ   


Artinya : Katakanlah: "Apakah kamu akan memberitahukan kepada Allah tentang agamamu, padahal Allah mengetahui apa yang di langit dan apa yang di bumi dan Allah Maha mengetahui segala sesuatu?"

$tBur ãbqä3s? Îû 5bù'x© $tBur (#qè=÷Gs? çm÷ZÏB `ÏB 5b#uäöè% Ÿwur tbqè=yJ÷ès? ô`ÏB @@yJtã žwÎ) $¨Zà2 ö/ä3øn=tæ #·Šqåkà­ øŒÎ) tbqàÒÏÿè? ÏmÏù 4 $tBur Ü>â÷ètƒ `tã y7Îi/¢ `ÏB ÉA$s)÷WÏiB ;o§sŒ Îû ÇÚöF{$# Ÿwur Îû Ïä!$yJ¡¡9$# Iwur ttóô¹r& `ÏB y7Ï9ºsŒ Iwur uŽy9ø.r& žwÎ) Îû 5=»tGÏ. AûüÎ7B ÇÏÊÈ  

Artinya : Kamu tidak berada dalam suatu Keadaan dan tidak membaca suatu ayat dari Al Quran dan kamu tidak mengerjakan suatu pekerjaan, melainkan Kami menjadi saksi atasmu di waktu kamu melakukannya. tidak luput dari pengetahuan Tuhanmu biarpun sebesar zarrah (atom) di bumi ataupun di langit. tidak ada yang lebih kecil dan tidak (pula) yang lebih besar dari itu, melainkan (semua tercatat) dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfuzh).

Sedang pendapat tentang tidak adanya pembangkitan jasmani, juga jelas bertentangan
dengan nash ayat al-Qur’an, seperti pada surat Yasin, ayat 78-79 :
z>uŽŸÑur $oYs9 WxsWtB zÓŤtRur ¼çms)ù=yz ( tA$s% `tB ÄÓ÷ÕムzN»sàÏèø9$# }Édur ÒOŠÏBu ÇÐÑÈ   ö@è% $pkŽÍósムüÏ%©!$# !$ydr't±Sr& tA¨rr& ;o§tB ( uqèdur Èe@ä3Î/ @,ù=yz íOŠÎ=tæ ÇÐÒÈ  
Artinya:
78. Dan ia membuat perumpamaan bagi kami; dan Dia lupa kepada kejadiannya; ia berkata: "Siapakah yang dapat menghidupkan tulang belulang, yang telah hancur luluh?"
79. Katakanlah: "Ia akan dihidupkan oleh Tuhan yang menciptakannya kali yang pertama. dan Dia Maha mengetahui tentang segala makhluk.

Hal-Hal pemikiran serupa inilah yang menyebabkan Al Ghazali mengkafirkan orang yang menganut faham filsafat. Namun harus dijelaskan di sini pendapat Ibnu Rusyd, seperti dikutip oleh Harun Nasution bahwa pengkafiran Al Ghazali terhadap Al Farabi dan Ibnu Sina bukan absolut, karena dalam al-Tafriqah, Al Ghazali menegaskan bahwa pengkafiran atas dasar menentang ijma’ tidak bersifat mutlak.
Dan dalam bukunya “Al Munqiz minad Dalal” kita dapat menyimpulkan bahwa yang
diserang Al Ghazali dengan nada yang sangat keras ialah aspek metafisika dari filsafat. Ada tiga proposisi filosof yang diserangnya habis-habisan seperti sudah diterangkan sebelumnya, dan kata Al Ghazali, tak seorang muslim pun mempercayai proposisi macam ini. Dari pembicaraan di atas dapatlah dikatakan bahwa Al-Ghazali pada hakikatnya bukan memusuhi filsafat secara keseluruhan, sebab ia hanyalah menyerang dengan tuntas aspek metafisik dari filsafat. Al-Farabi dan Ibnu Sina terutama diserangnya pada aspek metafisik ini. Ia tidak menentang logika atau penggunaan penalaran. Yang ia tentang adalah kalim akal untuk mengetahui seluruh kebenaran.
Jadi jelas bahwa pertentangan yang ada antara Al-Ghazali di satu pihak dan Al-Farabi
serta ibnu Sina di pihak lain, hanyalah perbedaan pendapat atau ijtihad, yang lumrah di kalangan umat Islam. Baik kaum filosof maupun Al-Ghazali tetap mengakui Tuhan
sebagai pencipta dan alam diciptakan. Kedua pihak mengakui adanya hari perhitungan dan kedua fihak tetap mengakui bahwa Tuhan mengetahui juz’iyat dan yang dipersoalkan kaum filosof ialah cara Tuhan mengetahui juz’iyat itu. Caranya, kata mereka, melalui jalan kulli, apapun artinya kata itu. Yang jelas, Al Ghazali tidak
mengharamkan filsafat karena ia sendiri mempelajarinya.

Kesimpulan
Al-Ghazali adalah seorang teolog sekaligus seorang pemikir Islam yang banyak menyumbangkan pikirannya sampai ke generasi sekarang. Pada hakikatnya, Al-Ghazali bukanlah mengkritik filsafat secara keseluruhan, tetapi ia hanya menyerang aspek metafisika dari filsafat. Al Farabi dan Ibnu Sina terutama diserangnya pada aspek metafisik ini. Ia tidak menentang logika atau penggunaan penalaran. Yang ia tentang adalah klaim akal untuk mengetahui kebenaran. Pertentangan antara Al-Ghazali dan kaum filosof, berkisar pada interpretasi tentang ajaran-ajaran dasar dalam Islam, bukan tentang diterima atau ditolaknya ajaran-ajaran dasar itu sendiri. Namun demikian, kritik-kritiknya terhadap filosof merupakan salah satu keberhasilannya dalam meletakkan dasar-dasar bagi sikap muslim Sunni terhadap filsafat, di samping keberhasilan-keberhasilan lainnya dalam menghadapi kelompok Syi’ah ismailiyah sertamenghidupkan tradisi Sufi dalam masyarakat muslim Sunni. Bagaimanapun juga, dia adalah tokoh pembaharu pada masanya dengan sekian banyak peninggalan karya tulisnya yang tidak kecil artinya bagi generasi muslim sesudahnya.



DAFTAR PUSTAKA

Gibb, Har, kramers, J.H, The Encyclopaedia of Islam, Leiden: E.J. Brill, 1960
Ahmad Daudi, Segi-segi Pemikiran Filsafat Dalam islam, Bulan Bintang, Jakarta, 1984
M. Abdul Karim, Sejarah Pemikiran dan Peradaban Islam, Yogyakarta: Pustaka Book Publisher, 2007
Poerwantana, dkk.Seluk Beluk Filsafat Islam Bandung: Remaja Rosdakarya, 1991
Ahmad Hanafi. Pengantar Filasafat Islam Jakarta: Bulan Bintang, 1990
Nucholish Madjid, Khazanah Intelektual Islam Jakarta: Bulan Bintang, 1984
Http ://www.wikipedia.org /Al Ghazali diakses Rabu,  28 Oktober, pukul 17.00 WIB



[1] http://www.wikipedia.org /Al Ghazali

[2] Gibb, Har, kramers, J.H, The Encyclopaedia of Islam, Leiden: E.J. Brill, 1960, hlm. 1038.

[3] Ahmad Daudi, Segi-segi Pemikiran Filsafat Dalam islam, Bulan Bintang, Jakarta, 1984, hlm. 67.

Selasa, 06 Juli 2010

TEKNOLOGI INFORMASI, KEBUTUHAN ATAU PERUSAK MORAL?



Berbicara teknologi maka  kita akan merumuskan bahwa adanya teknologi diciptakan untuk kemudahan kehidupan manusia. Hasil dari teknologi itu biasanya berupa alat. Jika hidup manusia ingin mudah maka mau tidak mau harus menerima alat ini sebagai hasil dari sebuah teknologi. Ketika Thomas Alva Edison menemukan lampu sebagai penerangan maka itulah teknologi penerangan pada saat itu. Pesawat diciptakan untuk bisa terbang dari daerah satu ke tempat lain yang dipisahkan laut atau jarak tempuh yang jauh, maka inilah teknologi penerbangan. Tidak jauh berbeda dengan teknologi informasi dan komunikasi. Berbagai alat diciptakan untuk mempermudah orang berkomunikasi. Mendekatkan jarak antar individu untuk berkomunikasi baik  langsung ataupun  tidak langsung. Alat untuk komunikasi langsung (real time) antara lain telepon dengan berbagai variasi perkembangannya(dari telpon rumah, Handpone (GSM / CDMA ), video conference,internet (dengan berbagai tawaran aplikasi komunikasi).
Teknologi yang sekarang marak ditawarkan pemerintah juga menjadi agenda pembelajaran disekolah-sekolah adalah internet. Tujuannya agak kita bisa melek informasi. Karena perkembangan informasi global sangatlah cepat. Maka jika kita tidak mau ketinggalan informasi yang skalanya mendunia maka haruslah kita menguasai internet. Dengan internet kita bisa memanfaatkannya untuk mencari informasi apapun didunia ini. Baik itu informasi mengenai semua mata pelajaran yang diajarkan disekolah, informasi kesehatan, politik, dunia usaha, makanan, perdagangan apapun yang positif dan negatif sekalipun ada komplit-plit. Tinggal masukkan kata kunci pada mesin pencari seperti google.Maka infromasi yang kita inginkan akan muncul. Siapapun bisa menerbitkan opininya lewat blog atau situs. Internet dikombinasi dengan tampilan gambar, teks, audio maupun video. Diinternet ditawarkan situs-situs layanan chating untuk komunikasi langsung, e-mail(sedekar bersurat-suratan, atau penawaran bisnis), situs pertemanan (friendster, Facebook, dll juga menawarkan paket komunikasi itu).
Sebagai pendidik diawal pasti sudah mewanti-wanti untuk mengakses apapun yang positif untuk sumber belajar mereka selain buku dan dari guru. Pendidik selalu mendorong mereka aktif memanfaatkan internet baik dirumah atau di warnet-warnet dengan memberi tugas yang pengumpulannya pun melalui e-mail guru. Tetapi dilapangan yang penulis ketahui akan lebih banyak penyimpangan yang mereka akses. Situs-situs porno menjadi jujugan nomor wahid mereka. Baik yang berupa kartun, gambar diam atau bahkan video. Hal itu bisa dengan mudah mereka download ke HP atau sekedar disimpan di Flashdisk. Bahkan ada kebanggaan dari mereka jika di HP mereka punya file seronok tersebut dan memamerkannya pada teman lainnya. Tidak hanya anak putra saja, anak putripun banyak yang mengoleksinya. Itu diketahui ketika merazia HP mereka disekolah atau ketika teman mereka yang tidak suka kemudian melapor ke guru BP/BK. Kejadian ini sudah bukan barang baru. Tapi marak dikalangan anak-anak kita. Pikiran mereka akhirnya dirasuki gambar-2 syur tersebut. Mereka akhirnya terjerumus mempraktekkannya dengan teman dekatnya kemudian direkam sendiri. Yang menghebohkan lagi kemudian beredar karena diketahui masih berseragam atau dikenali sebagai pelajar di kota X misalnya. Duh sungguh dampak yang sangat mengamunisi keluhuran moral kita. Lalu dimana letak agama yang dianut dan diajarkan di sekolah-sekolah? Sudahkah mengena dihati mereka? Ataukah hanya sekedar materi yang tidak bisa membentengi moral anak bangsa kita.
Terus apakah kita harus menyalahkan teknologi informasi ini kemudian mengharamkan untuk memanfaatkannya? Tentu saja tidak. Fasilitas yang ditawarkan teknologi infromasi masih banyak yang secara positif bisa terus digunakan. Karena kecepatan yang ditawarkan misalnya untuk mengirimkan berita dan foto-foto liputan pertandingan sepak bola misalnya yang harus segera dikirimkan seorang wartawan tabloid olahraga ketika berada di negara lain yang jauh jaraknya dengan redaksi. Percakapan dengan kawan lama lewat chating atau messager. Pencarian literatur-literatur pendukung materi pelajaran disekolah.  Apakah hal ini harus dilarang dan diharamkan? Maka tentulah dikembalikan kepada individu yang memanfaatkan teknologi informasi ini. Mau dimanfaatkan ke hal positif atau negatif. Tugas kita adalah bagaimana mengarahkan anak-anak kita agar tidak menggunakan teknologi informasi ini untuk hal yang dilarang agama. Keluargalah pondasi utama pembinaan moral ini. Kemudian diperkuat pembinaan moral disekolah. Orang tua dan gurulah sebagai teladan. Kebiasaan anak akan terbentuk dari sini juga lingkungan yang baik. Maka teknologi informasi  tidak serta merta divonis sebagai  perusak moral bangsa.